Menimbang-nimbang sebelum pembelian alat dapur Horeca

Sebagai pelaku usaha di bidang foodservice, seperti hotel, restoran, atau katering (horeca merupakan singkatannya menggunakan kata-kata dalam bahasa Inggris) investasi pada peralatan dapur khusus sudah sesuatu yang mutlak untuk dilakukan. Permasalahannya adalah pada pemilihan jenis alat dapur horeca yang mau dibeli. Sebelum melakukan investasi penting ini ada baiknya untuk memeriksa kebutuhan Anda dengan pertanyaan-pertanyaan berikut.


Sebagai pelaku usaha di bidang foodservice, seperti hotel, restoran, atau katering (horeca merupakan singkatannya menggunakan kata-kata dalam bahasa Inggris) investasi pada peralatan dapur khusus sudah sesuatu yang mutlak untuk dilakukan. Permasalahannya adalah pada pemilihan jenis alat dapur horeca yang mau dibeli. Sebelum melakukan investasi penting ini ada baiknya untuk memeriksa kebutuhan Anda dengan pertanyaan-pertanyaan berikut.

Akankah alat dapur yang akan dibeli itu muat di tempat usaha Anda? Ini pertanyaan yang sangat mendasar tapi bisa jadi terlewatkan. Ya, tempat usaha Anda luas, tapi apakah Anda sudah menyediakan ruang masak yang pas untuk peralatan yang mau dibeli? Atau apakah diperlukan renovasi-renovasi tambahan supaya alat tersebut muat di tempatnya? Sebagai sebuah pertimbangan, jika tempat yang dimiliki tidak terlalu leluasa, cobalah untuk berinvestasi pada peralatan dapur restoran yang lebih kecil atau lebih mudah dipindah seperti oven combi yang hemat tempat.

Apakah ada tren-tren tertentu yang perlu diikuti? Tren atau regulasi tertentu yang tiba-tiba muncul bisa membuat pusing kepala jika peralatan yang Anda punya tidak siap. Misalkan keberadaan isu alergi gluten atau kacang. Apakah perlu tempat usaha Anda memiliki peralatan yang berbeda untuk tipe-tipe makanan tertentu yang mungkin bisa menjadi alergen bagi pelanggan. Memang, dapur modern sudah harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak mudah terkontaminasi entah dari benda asing atau terkontaminasi bahan-bahan lain.

Jangan-jangan menyewa alat-alat dapur horeca lebih masuk akal? Masuk akal secara finansial dan teknis misalnya. Bisa jadi peralatan yang perlu digunakan itu memerlukan perawatan rutin yang berbiaya mahal supaya bisa digunakan sebagaimana mestinya. Jadi, biaya yang perlu dihitung bukan lagi soal pembelian, tapi juga perawatannya dibandingkan dengan ongkos sewa. Bila alat tersebut hanya digunakan pada jangka waktu pendek, misalkan untuk memasak masakan musiman, solusi sewa kemungkinan lebih cocok dimanfaatkan. Bisa juga menyewa peralatan untuk jangka waktu yang lebih panjang, jika itu memungkinkan usaha kuliner Anda berkembang lebih dinamis tanpa harus kehilangan kas di awal usaha. Seiring berkembangnya usaha, keputusan untuk investasi dengan membeli aset-aset alat dapur horeca bisa dipertimbangkan.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk perawatan rutin alat-alat dapur tersebut? Terkait dengan pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, pertanyaan ini biasanya yang paling sering luput dari perencanaan. Tentu untuk menjawab ini butuh pengalaman dari pelaku usaha sendiri. Sejauh yang pernah dialami, apakah peralatan tertentu memerlukan perawatan yang rutin atau tidak. Dan, apakah perawatan tersebut ongkosnya mahal? Bila rusak, apakah sparepart-nya mudah dicari dan terjangkau harganya? Ingat, memastikan alat-alat dapur horeca bekerja dengan baik (atau bekerja normal) tidak hanya penting dalam menjaga kualitas dan konsistensi makanan, tapi pada akhirnya juga soal kelangsungan bisnis dan efisiensi produksi makanan. Biaya perawatan mutlak harus selalu dianggarkan dan masuk dalam perencanaan. Sebuah keputusan naif jika kita mau menunggu hingga alat tersebut rusak terlebih dahulu. Memanggil layanan teknisi ketika alat rusak bisa jauh lebih mahal biayanya dibanding dengan memanggil mereka untuk perawatan rutin. Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati bukan?


Like it? Share with your friends!

0

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: Bisnis

  • tips menjalankan bisnis

    Cara Menjalankan Bisnis Dengan Baik

    Bisnis dapat dilakukan secara sendiri atau bergabung dengan rekan bisnis lainnya. Bagi Anda yang akan menjalankan bisnis dengan harapan bisa berjalan dengan baik, Anda dapat melakukan banyak cara tersebut dengan mudah.

  • kemasan hardcover

    Manfaat Cetak Kemasan Hardcover

    Menggunakan jasa percetakan kemasan hardcover tentunya memiliki banyak manfaat. Pertama adalah dari segi nilai. Produk yang dikemas menggunakan kemasan hardcover tentunya bernilai lebih tinggi. Hal ini dikarenakan kemasan hardcover terkesan mahal. Wajar saja jika produk yang dijual menggunakan kemasan hardcover akan lebih mahal. Namun, hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

DON'T MISS